TARIF ZONASI GOJEK
Source : tps://manado.tribunnews.com/2018/01/12/pengguna-go-jek-bisa-chatting-dengan-driver-di-aplikasi
"ini serius tarif
ojek online segini ????
gak salah ???
ini lagi gak ujan kan ?
kayaknya juga di maps gak macet deh"
Hari itu, tepat di tanggal 04 Juli 2019,
udah jam 5 sore, karena buru-buru mau pulang,
alternatif tercepat ya cuma pesen ojek online,
dan yang saya pake hari itu 'go-jek'
siapa tau ada voucher kepake dan ngabisin saldo go pay nya
tapi
begitu order
......
TADAAAAA !!!
Tiga Puluh Ribu Rupiah Men !
dari yang normalnya Empat Belas Ribu Rupiah.
oke coba positif thinking dulu
mungkin ...
jalanan lagi macet atau mungkin di beberapa titik wilayah
lagi ujan.
makanya tarifnya naik
coba order ulang dan hasilnya .....
sama aja :')
btw, ini masih tarif normal ya sebelum negara api menyerang
terus ,
lanjut order apa gimana ?
yaudahlah ya sesekali harus merelakan 30.000 demi bisa cepet
sampe rumah
:')
"mbak pesen gojek ya ?"
"iya pak ...."
"mbak yakin kan gak cancel order ?"
"..........."
ini si bapaknya juga langsung ngomomg begini lah dengan
nada-nada sumbang dan muka pasrah
karena saya hanyalah seorang customer,
jadi wajar kalo ngeluarin unek-unek complain ke bapaknya
"pak kok mahal banget pak, macet apa gimana pak?"
"anuuuu mba ..... begini ..... saya juga kecil hati lho
mbaaa"
dan obrolan pun
di - mu - lai
jadi gini ceritanya,
gojek ini memang udah mulai diajak
kerjasama gitu sama
salah satu kementrian di Indonesia
dan usut usut usut
mereka berkolaborasi dan mengeluarkan
sebuah kebijakan kalo ini nantinya
akan mensejahterakan
(kalo berhasil)
tapi fakta di lapangan justru berbanding terbalik
malahhhhh
dikenakan tarif berdasarkan
zonasi
yang ujungnya semakin jauh zona kilometer
maka akan semakin naik
tarifnya
bahkan di titik terdekatpun tarif mereka sudah ditentukan
yang normalnya jarak terdekat cuma sekitar Rp 2.000,- atau Rp 4.000,-
sekarang jadi ....
Rp 9.000,-
gak percaya ??
Melati (nama samaran), 24 Tahun, Guru Bimbel domisili Bandar Lampung
Ratu (nama samaran), 21 Tahun, Alumni Kampus domisili Bandar Lampung
Tapi ini sih di Bandar Lampung ya dan masih banyak lagi apa yang customer keluhkan selain di atas.
Kebanyakan di kota-kota besar kayak Jakarta, surabaya dan Jogja menurut tanggapan teman-teman aku yang kebetulan tinggal dan menetap disana bahkan tembus ke nominal Rp 10.000,-
Sela (nama samaran), 24 Tahun, Karyawan Swasta domisili Jakarta
Kebanyakan di kota-kota besar kayak Jakarta, surabaya dan Jogja menurut tanggapan teman-teman aku yang kebetulan tinggal dan menetap disana bahkan tembus ke nominal Rp 10.000,-
Sela (nama samaran), 24 Tahun, Karyawan Swasta domisili Jakarta
WOWWWW yaaa :')
Emang sih lokasi kantor rada jauh dari pusat kota,
ini yang masih dalem kota aja tarifnya up
apalagi yang zonanya udah di luar batas zona yang ditentukan
tapi naiknya gak masuk akal
hmmmm
tapi lucu sih ini ada yang aneh satu lagi di aplikasi konsumen
Dito (nama samaran), 24 Tahun, Staff Bank domisili Bandar Lampung
tapi lucu sih ini ada yang aneh satu lagi di aplikasi konsumen
Dito (nama samaran), 24 Tahun, Staff Bank domisili Bandar Lampung
sebenernya sih peraturan itu udah mulai diberlakukan sejak
awal mei 2019 atau awal juni 2019 gitu.
tapi ya aku telat aja gitu tau kalo ternyata tarifnya mahal.
sampe si bapaknya bilang gini
.......
"aduh mbak, kalo begini caranya saya jadi gak semangat
kayak dulu lagi. okelah gak kenapa-kenapa masalah bonus keluar ketika point
udah mencapai 30,
tapi makin kesini bukannya makin dimudahin kok malah ribet
ya. Kalo zonasi ini udah diterapin, customer juga suka marah-marah dan asal
cancel order kan itu jelekin predikat driver,
ujung-ujungnya orderan sepi. Ngandelin service lain kayak go
food go send tapi kan gak tiap saat"
jadi sebenernya fungsi penerapan tarif berdasarkan zonasi
itu apa ??
dan kenapa kadang masih suka menerapkan kebijakan yang
justru banyak merugikan kedua belah pihak ?
Rani (nama samaran), 24 Tahun, Guru domisili Bandar Lampung
Rani (nama samaran), 24 Tahun, Guru domisili Bandar Lampung
ini bukan cuma customer yang berhak complain
tapi
para driver juga keluhannya mau didengerin
gimana gak complain,
apa setelah ini bakal balik lagi ke jaman dulu dimana
angkot-angkot mulai beroperasi dengan gaya khas "ngetem" nya itu yang
bisa dibilang baru mau jalan kalo mobilnya udah penuh ?
atau
para driver ojol balik ke asalnya jadi tukang ojek pangkalan
atau mungkin beralih jadi wirausaha gitu atau jadi profesi lain yang lebih
menguntungkan ?
terus nasib para customer setia ojek online ini gimana ?
apalagi yang gak bisa bawa kendaraan :')))) hahahahha
setiap kebijakan pasti punya tujuan yang bagus
punya tujuan yang baik
apalagi buat pembangunan
dan ekonomi berkelanjutan
Tapi,
alangkah lebih bagusnya kalo kebijakan itu dipraktekan
dengan uji coba dalam masa waktu tertentu
kalo berhasil ya dilanjutkan
kalo gak berhasil ?
berarti harus ada yang dibenahi
si bapak ojek onlinenya
punya saran dan pesan :
"buat semua konsumen, ini maap banget ya, kita tau
sekarang tarifnya jadi mahal,
tapi tolong jangan asal cancel order,
nyari poin sekarang susah
boro-boro poin, nyari konsumen juga susah.
Kalo asal cancel, poin kita berkurang, predikat kita juga
turun,
cari uang itu sulit,
jadi sama-sama saling menghargai ya"
Comments
Post a Comment